Headlines News :
Home » , , » PROPOSAL

PROPOSAL

Written By OKZ on Selasa, 29 Mei 2012 | 11.01



P R O P O S A L

RENCANA ACUAN PENDIRIAN
SMA MA’ARIF NU 1 JATINAGARA


Diajukan Guna Memperoleh Surat Izin
Pendirian Penyelenggaraan SMA Ma’arif NU 1 Jatinagara
Di Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis





















Disusun Oleh:

Badan Pelaksana
Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Al Mushlihuun Kec. Jatinagara
Yayasan Pendidikan Al Mushlihuun Kec. Jatinagara





TAHUN 2012


KATAPENGANTAR


Bismillaahirrahmaanirrahiim

Puji syukur kami panjatkan kekhadirot Allah SWT. karena berkat Rahmat dan Kuasa-Nya kami bisa menyelesaikan acuan pendirian /penyelenggaraan SMA Ma’arif NU 1 Jatinagara yang berada di lingkungan Yayasan Al Mushlihuun Dusun Cipakeleran Desa Cintanagara Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis.

            Penyusunan rencana acuan pendirian /penyelenggaraan ini tiada lain dimaksudkan sebagai bahan pertimbangan guna memperoleh Surat Keputusan Ijin pendirian/penyelenggaraan pendidikan SMA Ma’arif NU 1 Jatinagara.

Demikian mudah-mudahan rencana ini mendapat ridho dari Allah SWT.

Wallahulmuwafiq ilaa aqwamith-tharieq


Jatinagara, 10 Mei 2011
Penyusun,
















RENCANA ACUAN PENDIRIAN
SMP PLUS MA’ARIF AL - MUHSLIHUUN
YAYASAN PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN AL- MUSHLIHUUN
DUSUN CIPAKELERAN DESA CINTANAGARA  KECAMATAN JATINAGARA KAB. CIAMIS

I.               LATAR BELAKANG PENDIRIAN
       Pendidikan dalam sutu bangsa memiliki suatu peranan yang sangat  strategis dan menentukan untuk menjamin keberlangsungan dan perkembangan bangsa yang bersangkutan. Menurut Undang Undang No. 20 tahun 2003 pasal 1 “Pendidikan adalah usaha sadar terencana  untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia  serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara”. Serta pasal 3 “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggungjawab”.
       Salah satu jengjang pendidikan adalah pendidikan menengah pertama yang merupakan pendidikan tiga tahun di SMP bertujuan untuk memberikan kemampuan dasar bagi kehidupannya secara pribadi, anggota masyarakat, dan sebagai warga Negara, serta memberikan bekal untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.
       Pendidikan merupakan tanggung jawab orang tua, masyarakat dan pemerintah. Masyarakt sebagai suatu komponen dan mitra pemerintah dituntut dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab untuk berperan serta dalam menyelenggarakan pendidikan nasional.
       Atas dasar pemikiran tersebut maka Yayasan Al Mushlihuun merasa terpanggil untuk melaksanakan misi pelayanan pendidikan kepada masyarakat untuak mengembangkan potensi pribadi dan memberikan bekal dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jengjang yang lebih tinggi.
       Sistem pendidikan yang kami laksanakan adalah system pendidikan plus antara kurikulum nasional untuk SMP dan kurikulumm penunjang yang berwawasan keagamaan  (Agama Islam) sebagai salahsatu ciri pendidikan yang kami selenggarakan.

II.       DASAR HUKUM
       Dasar Hukum dalam pendirian /penyelenggaraan SMP Plus Ma’arif Al-Mushlihuun Cintanagara Jatinagara adalah sebagai berikut :
1.             Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sisten pendidikan  nasional.
2.             Peraturan Pemerintah RI Nomor 29 Tahun 1990 tentang pendidikan menengah.
3.             Peraturan Pemerintah RI Nomor 38 Tahun 1992 tentang tenaga kependidikan.
4.             Peraturan Pemerintah RI Nomor 39 Tahun 1990 tentang peran serta masyarakat dalam pendidikan nasional.
5.             Keputusan Mendiknas Nomor 053/U/2001 tentang pedoman standar pelayanan minimal penyelenggaraan persekolahan.
6.             Keputusan Mendikbud RI Nomor 0461/U/1984 tentang Sekolah Menengah Pertama.
7.             Keputusan Mendiknas Nomor 044/U/2002 tentang Dewan Sekolah dan Komite Sekolah.
8.             Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah.
9.             Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Yayasan Pendidikan Ma’arif AL Mushlihuun Cintanagara Jatinagara.

III.           NAMA DAN TEMPAT UNIT PENDIDIKAN
1.             SMP yang akan didirikan bernama
·           SMP PLUS MA’ARIF AL- MUSHLIHUUN
2.             Lembaga dan tempat penyelenggaraan
·           Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren AL- MUSHLIHUUN
·           Dusun Cipakeleran RT. 01 RW. 01 Desa Cintanagara Kecamatan Jatinagara Kab. Ciamis Kode Pos 46273 Tlp. 081323488477-085223226251

IV.     VISI DAN MISI SMP PLUS MA’ARIF
       SMA Ma’arif NU 1 Jatinagara dibangun dalam payung lembaga pendidikan pondok pesantren yang diarahkan pada perwujudan lembaga pendidikan modern, profetik dan transformatif. Lembaga pendidikan yang ditegakkan dalam ruang waktu kekinian, berdimensi spiritual dalam mengemban nilai-nilai luhur agama dan kemanusiaan. Dengan landasan visi bahwa perkembangan dan tantangan masa depan seperti: perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; globalisasi yang sangat cepat; era informasi; dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu sekolah untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. SMP Plus Ma’arif memiliki citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan dimasa datang yang diwujudkan dalam Visi sekolah berikut:


VISI :
MEMBENTUK INSAN YANG BERAKHLAQ MULIA
UNGGUL DALAM ILMU PENGETAHUAN DAN ILMU AGAMA ISLAM
DENGAN SEMANGAT BELAJAR, BERJUANG DAN BERTAQWA.
       Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita sekolah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
       Untuk mewujudkannya sekolah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi, berikut:
MISI:
1.      Meningkatkan pengetahuan dan pengamalan ajaran Ahlussunah Wal Jama’ah;
2.      Mengembangkan pemahaman dan pengamalan  ajaran salafi;
3.      Meningkatkan kemampuan tenaga kependidikan dan melengkapi sarana dan prsarana pendidikan;
4.      Meningkatkan dan mengembangkan pemahaman, pengajaran dan pengamalan ajaran islam yang modern (tawwasuth), toleran (tasamuh) di tengah-tengah kehidupan masyarakat;
5.      Meningkatkan hubungan kerjasama dengan stake holder pendidikan terutama dengan masyarakat pendidikan.
       SMA Ma’arif NU 1 Jatinagara memiliki tanggung jawab moral dan intelektual untuk:
a.             Membentuk dan mengembangkan lembaga pendidikan yang modern, antisipatif terhadap perubahan dan melibatkan segenap perangkat mutakhir yang dapat mendukung proses belajar yang efektif.
b.             Mengembangkan sebuah sisitem pembelajaran yang dinamis yang dapat melayani ragam kecerdasan siswa.
c.              Mendorong dan mengembangkan sikap terpuji, berkarakter mulia, terbuka dan religious.
d.             Mengembangkan sebuah lingkungan pendidikan berasrama (boarding school) yang dapat mendorong suasana akademis yang kondusif bagi kepribadian yang sehat secara emosional, intelektual dan spiritual.
e.             Mendorong dan mengembangkan pribadi yang bertanggungjawab terhadap perubahan yang konstruktif dalam wilayah material maupun immaterial.

V.            SASARAN CALON SISWA
       Sasaran yang ditempuh oleh SMA Ma’arif NU 1 Jatinagara Jatinagara adalah warga Negara Indonesia, terutama lulusan sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyyah (MI) yang bermaksud melanjutkan sekolah dengan sistem pendidikan yang diasramakan (boarding school).

VI.          PROGRAM JANGKA PANJANG
1.        Umum
       Terciptanya tertib administrasi sebagai lembaga pendidikan yang mandiri dalam status unggulan.
2.        Kurikulum
       Tercapainya standarisasi teknis edukatif yang menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar dalam suatu system integrasi pendidikan.
3.        Ketenagaan
a.         Mengangkat dan menetapkan tenaga pendidik, tata usaha, petugas perpustakaan, BP/BK, Petugas Laboratorium, UKS, waker, dan lainnya berdasarkan bidang keahlian masing-masing.
b.         Mengadakan pembinaan peningkatan tenaga-tenaga yang ada secara kontinyu sehingga dapat mencapai mutu yang diharapkan.
c.         Memperhatikan kesejahteraan semua personil secara layak sehingga dapat menunjang tugas-tugas dalam mencapai tujuan yang ditetapkan sehingga memberikan ketenangan dalam bekerja dan masa depan yang pasti.
4.        Ketatausahaan
       Terselenggaranya kelancaran surat menyurat, pengembangan pegawai, administrasi kesiswaan dan pengarsipan.
5.        Sarana dan Prasarana
       Mengusahakan bangunan gedung yang memenuhi syarat, yang terdiri dari ruang belajar, ruang perpustakaan, ruang tata usaha, ruang kantor, laboratorium, mesjid, aula, gedung olahraga, keterampilan, asrama dan lainnya sesuai dengan kebutuhan.
6.        Pembiayaan
a.         Memasukkan sumber-sumber biaya sumbangan sukarela orang tua wali murid, donatur, bantuan bos serta kegiatan usaha profit yang dijalankan pondok pesantren.
b.         Menghimpun motivasi perorangan, kelompok, lembaga dunia usaha dalam berpartisipasi membantu pengadaan dan pemeliharaan sarana pendidikan.
c.         Menggali dana bantuan dari dalam dan luar lembaga yang sejalan dengan tujuan dan visi lembaga.
7.        Kesiswaan
       Menghasilkan siswa yang menguasai bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan sikap prilaku yang diharapkan sesuai dengan tujuan pendidikan nasioanl.
8.        Hubungan Masyarakat
       Tercapainya secara mantap supervise pendidikan dan penilaian edukatif sejalan dengan sasaran yang ingin dicapai oleh lembaga pendidikan ini.

VII.        PROGRAM JANGKA PENDEK
1.        Umum
A.        Mengusahakan terlengkapinya berkas-berkas usulan izin mendirikan lembaga pendidikan SMP Ma’arif Al Mushlihuun
B.        Menyelenggarakan dan melengkapi data-data administrasi dan dokumentasi bagi kelancaran penyelenggaraaan SMA Ma’arif NU 1 Jatinagara Kabupaten Ciamis antara lain:
a.      Buku Inventaris
b.      Buku Induk
c.       Buku Agenda Kelas
d.      Buku Daftar Kelas
e.      Buku Absen Kelas
f.        Buku Mutasi siswa
g.      Daftar Nilai
h.      Bukun Laporan Pendidikan

2.      Kurikulum
a.      Memberikan motivasi bagi terselenggaranya kegiatan belajar mengajar sesuasi dengan alokasi waktu dan fasilitasi yang ada untuk mencapai hasil yang optimal sehingga kenaikan kelas dan kelulusan siswa 100% dapat dicapai dengan prestasi yang sangat memuaskan dan atau istimewa
b.      Meningkatkan kemampuan mutu tenaga pendidikan (guru) dalam penggunaan materi pengajar dan pendalamannya dengan memberikan bubu-buku dasar, pelengkap, literature penunjang, meningkatkan penguasaan alam, menerapkan metode mengajar dan evaluasinya dengan diskusi dan bimbingan ahli yang berkompetensi
c.       Menciptakan suausana yang dapat menciptakan gairah mengajar

3.      Ketenagaan
a.      Mencukupi tenaga pendidik, tata usaha, petugas perpustakaan, pesuruh, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan
b.      Mengusahakan bantuan tenaga guru dan pemerintah yang berasal dari Departemen Pendidikan Nasional
c.       Menegakan disiplin kerja

4.      Ketatausahaan
a.      Menertibkan administrasi surat-surat keluar/masuk dan pengarsipannya
b.      Meningkatkan kesangkilan semua bidang administarsi pendidikan

5.      Sarana dan Prasarana
a.      Pemeliharaan, perehaban, dan perbaikan kecil bangunan gedung yang sudah ada agar tetap memberikan manfaat yang maksimal
b.      Pemeliharaan tanaman dan lapangan olahraga yang sudah ada sehingga berfungsi baik
c.       Pemeliharaan dan pelengkapan peralatan untuk kelancaran administarsi dan kegiatan belajar mengajar
d.      Melengkapi tata organisasi, diantaranya:
1.      Papan Keadaan Guru dan Pegawai
2.      Daftar Keadaan Siswa
3.      Daftar bidang Studi
4.      Daftar Kalender Pendidikan
5.      Grafik Absen
6.      Grafik Usia Siswa
7.      Grafik Nilai Semester
8.      Grafik Perkembangan Siswa
9.      Grafik Jumlah Guru
e.      Mengadakan konsolidasi organisasi untuk menciptakan kesangkilan kerja
f.        Pemeliharaan dan pemantapan laboratorium computer dan bahasa secara mangkus dan sangkil

6.      Pembiayaan
a.       Penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) tiap awal tahun pelajaran
b.       Menetapkan rumusan besarnya Syahriyah (uang bulanan) bersama orang tua/wali murid dan pengurus lembaga melalui rapat Komite Sekolah
c.       Mengupayakan pencapaian target pemasukan Syahriyah sebesar 100%
d.      Menggalang dana masyarakat melalui donator tetap/tidak tetap
e.      Mengusahakan dana dari APBD Pemerintahan Daerah, Provinsi dan pemerintah Pusat

7.      Kesiswaaan
a.      Melengkapi administrasi guna kelancaran proses belajar mengajar
b.      Melaksanakan kegiatan intra kulikuler, ekstrakulikuler, dan kokulikuler seperti; Pramuka, PMR, Olahraga, Seni Budaya dan lainnya yang dapat memberikan pengalaman serta dapat menunjang siswa dalam belajar
c.       Memberikan beasiswa bagi siswa yangb berprestasi
d.      Menyantuni siswa yang tidak mampu dengan pengurangan atau  pembebasan BP-3 dan kewajiban keuangan lainnnya

8.      Hubungan Masyarakat
a.      Membuka jalur komunikasi dengan masyarakat sekitar dalam rangka amal bakti lembaga pendidikan SMA Ma’arif NU 1 Jatinagara
b.      Menjalin hubungan dengan instansi terkait dalam rangka penyebaran gagasan luhur dan dakwah keagamaan sebagai pusat pendidikan masyarakat dan upaya peningkatan peran aktif mereka dalam menunjang keberhasilan penyelenggaraan pendidikan
c.       Menjalin hubungan kerjasama antar lembaga pendidikan yang berada dibawah Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupatern Ciamis dengan lembaga-lembaga pendidikan swasta/negeri lainnya.

9.      Pengawasan dan Evaluasi
a.      Pengawasan dan evaluasi ini dilakukan oleh PC LP Ma’arif NU Kabupaten Ciamis terhadap lembaga pendidikan secara rutin setiap semester dan akhir tahun, serta secara insidentil sesuai kebutuhan
b.      Pengawasan yang dilakukan Badan Pelaksana meliputi pencapaian tujuan institusional dan kelancaran tugas-tugas sekolah yang menyangkut bidang ketenagaan material dan financial
c.       Pengawasan yang dilakukan Kepala Sekolah, meliputi:
1.      Pengawasan institusional, yaitu; menilik, membandingkan dan menilai yang dilanjutkan dengan survervisi baik terhadap hasil institusi maupun proses institusi kegiatan sehari-hari yang merupakan pengawasan melekat (buil in control), meliputi; keuangan, kerja tata usaha, kemengkusan penggunaan sarana dan prasarana, kesangkilan kegiatan tenaga pendidik dan yang lainnya
2.      Pengawasan dan penilaian eduktif yang bertujuan menilai hasil kegiatan belajar mengajar

VIII.      POLA PEMBELAJARAN
Proses pendidikan di SMA Ma’arif NU 1 Jatinagara didasarkan kepada sistem pengasramaan siswa dengan pola pendidikan berdasarkan perangkat metodologis alternatif terpadu antara sistem pendidikan modern dan tradisional (Pondok Pesntren) yang menunjang kepada keberhasilan pendidikan dalam pencapaian keseimbangan kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual siswa, kurikulum yang berlaku di SMP Plus Ma’arif NU Kabupaten Ciamis adalah kurikulum nasional dipadukan dengan kurikulum khusus lembaga dengan perincian sebagai berikut:

1.        Klasifikasi Mata Pelajaran
       Berdasarkan kepada kurikulum, matapelajaran dikelompokan dalam:
a.         Mata pelajaran umum beracuan kurikulum nasional SMP Plus
b.         Mata pelajaran khusus lembaga terintegrasi, dan
c.         Mata pelajaran khusus lembaga tidak terintegrasi
       Mata Pelajaran umum berdasarkan kurikulum nasional merupakan sejumlah mata pelajaran yang tercantum dalam KTSP SMP.
       Mata pelajaran khusus lembaga, merupakan sejumlah mata pelajaran yang secara khusus disajikan oleh lembaga yang di integrasikan kedalam waktu persekolahan resmi dan luar waktu resmi. Mata pelajaran ini terdiri dari atas pelajaran agama (Keaswajaan, Aqidah, Syari’ah, Tashawuf, Tahfidz Al Qur’an, dan Seni Qira’at Al Qur’an), Bahasa (Arab Inggris).

2.        Waktu Belajar Mengajar
       Waktu belajar mengajar diklasifikasikan dalam (a) waktu resmi persekolahan yang berlangsung antara jam 07:30 s.d 14.30 bagi penyajian mata pelajaran umum beracu kurikulum nasional dan mata pelajaran khusus lembaga yang tediri atas: mata pelajaran Keaswajaan, Aqidah, Syari’ah, Tashawuf, Bahasa Arab dan Ilmu Al Qur’an dan mata pelajaran pilihan. (b) Luar waktu resmi persekolahan yang berlangsung antara jam 18:30 s.d 20:00 bagi penyajian mata pelajaran Tahfidz Al Qur’an dan Seni Qira’at Al qur’an.

IX.           DEWAN PENDIRI
1.        KH. AGUS ABDUL KHOLIK SIRADJ, Drs. MM
2.        H. RA. MASMU
3.        DR. H. IYOS ROSIDIN
4.        ARIF ISMAIL CHOWAS, S. Ag
5.        KH. SIROJUDIN
6.        KH. ABDUL MUNIR ZAIN
7.        ABDUL AEN BADRUZAMAN
8.        R. DJALALUDDIN, A. Ma
9.        OSJEP S. HERMANA
10.    DEDE SUTISMAN, S.Pd
11.    SUDARMAN
12.    OJO ABDUROHMAN
13.    H. EMAN ISKANDAR, A. Ma

X.             SUSUNAN PERSONALIA
A.            Badan Pelaksana LP Ma’arif NU Pondok Pesantren Al Mushlihuun Kecamatan Jatinagara Kabupaten Ciamis
a.        Penasehat
KH. AGUS ABDUL KHOLIK SIRADJ, Drs. MM
H. RA. MASMU
DR. H. IYOS ROSIDIN
ARIF ISMAIL CHOWAS, S. Ag
KH. SIROJUDIN
KH. ABDUL MUNIR ZAIN
ABDUL AEN BADRUZAMAN
R. DJALALUDDIN, A. Ma
OSJEP S. HERMANA
DEDE SUTISMAN, S. Pd
SUDARMAN
OJO ABDURROHMAN        
H. EMAN ISKANDAR, A. Ma
b.        Badan Pengurus Harian
       Ketua                                    : Abdul Aen Badruzaman
       Wakil Ketua               : Dudun Abdulah
       Sekretaris                 : Asep Irfan Mujahid
       Wakil Sekretaris        : Dadang Nurhidayat
       Bendahara                : Nunung Muniroh
       Wakil Bendahara      : Uum Rusmiati
Seksi-Seksi
Kesekretariatan                    : 1. Edo Rosyada, A. Ma 
                                                                          2. Didi Koswara
Hubungan Masyarakat         : 1. Emuh Muhtadin
                                                2. Abdul Fatah
Kurikulum dan
Manajerial Pendidikan         : 1. Afif Ismail Sulaiman, S. HI
                                                2. Heri Heriyanto, S. PdI
Sarana dan Prasarana          : 1. Oman Abdul Rohman
                                                2. Ojo Abdurohman

B.             Personalia Sekolah
1.         Calon Kepala Sekolah                                   : Heri Heriyanto, S. PdI
2.         Calon Wakil Kepala Sekolah
a.             Urusan Kurikulum                                : Asep Irfan Mujahid
b.             Urusan Kesiswaan                               : Dian Maryati
c.              Urusan Sarana dan Prasarana                        : Uum Rusmiati
d.             Urusan Humas                                     : Dede Rusyadi

C.             Calon Pengajar, Karyawan TU dan Rencana Pembagian Tugas
          Sumber daya manusia, dalam hal ini tenaga pengajar yang siap mengabdikan diri di SMA Ma’arif NU 1 Jatinagara, merupakan kader-kader terbaik Nahdlatul Ulama yang memiliki kompetensi pada bidang kajian keilmuannya masing-masing. Data tenaga pengajar serta personalia secara keseluruhan SMA Ma’arif NU 1 Jatinagara terlampir.

XI.           SARANA DAN PRASARANA
A.        Ruang Kepala Sekolah
1.         Kursi                            : 2 Buah
2.         Meja                            : 2 Buah
3.         Lemari                         : 1 Buah
4.         Filling Cabinet             : 2 Buah
5.         Papan Data                  : 3 Buah
6.         Kursi Sudut                  : 1 Buah
7.         Jam Dinding                : 1 Buah
8.         Computer                    : 1 Unit

B.        Ruang Tata Usaha
1.         Kursi                            : 3 Buah
2.         Meja                            : 3 Buah
3.         Lemari                         : 2 Buah
4.         Filling Cabinet             : 1 Buah
5.         Jam Dinding                : 1 Buah
6.         Computer                    : 2 Unit

C.        Ruang Guru
1.         Kursi                            : 6 Buah
2.         Meja                            : 6 Buah
3.         Lemari                         : 1 Buah
4.         Kursi Paris                   : 1 Buah
5.         Kursi Sudut                  : 1 Buah
6.         Papan Data                  : 3 Buah
7.         Filling Cabinet             : 1 Buah
8.         Jam Dinding                : 1 Buah

D.       Ruang BP/UKS
1.         Kursi                            : 1 Buah
2.         Meja                            : 1 Buah
3.         Lemari Data                : 1 Buah
4.         Papan Data                  : 1 Buah
5.         Jam Dinding                : 1 Buah

E.        RUANG KLS I
1.         Kursi Guru                   : 1 Buah
2.         Meja Guru                   : 1 Buah
3.         Lemari                         : 1 Buah
4.         Meja Murid                 : 20 Buah
5.         Kursi Murid                 : 40 Buah

F.         RUANG LABORATORIUM
1.         Computer                   
-          Meja Guru            : 1 Buah
-          Kursi                     : 1 Buah
-          Meja Komputer    : 6 Buah
-          Kursi                     : 6 Buah
-          Computer             : 6 Unit
2.         Bahasa                         : 1 Ruang
3.         Otomotif                      :
4.         Teknologi Pertanian    :
G.       SARANA DAN PRASARANA
1.         Asrama Putra             
-       Kamar Tidur            : 14 kamar
-       Ruang Belajar         : 1 Ruang
-       Ruang Makan         : 1 Ruang
-       Tempat mandi        : 1 lokal
2.         Asrama Putri  
-       Kamar Tidur            : 14 kamar
-       Ruang Belajar         : 1 Ruang
-       Ruang Makan         : 1 Ruang
-       Tempat mandi        : 1 Lokal
3.         Mesjid                         : 1 Buah
4.         Lapang Upacara          : 1 Buah
5.         Lapang Tenis Meja      : 1 Buah
6.         Lapang Badminton      : 1 Buah
7.         Lapang Bola Volly       :
8.         Lapang Sepak Bola      :

XII.    PENUTUP
Rencana acuan ini dibuat sebagai pedoman Lembaga dalam menyusun program dan menentukan kebijakan dan operasional SMP Plus Ma’arif Al Mushlihun, sekaligus merupakan bahan pertimbangan bagi terkait dengan persetujuan dan atau rekomendasi pendirian SMA Ma’arif NU 1 Jatinagara Kabupaten Ciamis.
Wallahulmuwafiq ilaa aqwamitharieq
                                                                                                     Jatinagara, 23 April 2010
PENGURUS BADAN PELAKSANA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PLUS MA’ARIF AL MUSHLIHUUN
LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU KABUPATEN CIAMIS
DI YAYASAN AL MUSHLIHUUN

Ketua,



ABDUL AEN BADRUZAMAN
Sekretaris,



ASEP IRFAN MUJAHID
Mengetahui:
YAYASAN PENDIDIKAN
PONDOK PESANTREN AL MUSHLIHUUN



KH. ABDUL MUNIR ZAIN
Ketua

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Khabaruna Indonesia
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. HASINUL FITRIYAH - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template